Home
inrayati.JPG
Browse this website in:
Home
Official Site
SIB E-Learning
News
Contact Us
Admission for SD, SMP, SMA
Admission for Kindergarten
Kurikulum KTSP
Literasi dan Karya Siswa
YouTube SIB Bangkok
Daftar Buku T.P. 2021/2022
Rencana Kerja Sekolah
Facebook SIB
Instagram SIB
Mid Semester
Count to
March 9, 2020, 8:00 am
Time left
0 days
0 hours
0 minutes
Login Form





Lost Password?
No account yet? Register
Statistic
465,534Visitors:
69Visitors today:
70Visitors yesterday:
77.70Visitors per day: Ø
2.49Page views per visitor: Ø

Announcements

Ekstrakurikuler
  • Kegiatan Ekstrakurikuler untuk SD Kelas 1 s/d 6 dilaksanakan setiap Pukul 15.30-17.00 hari Senin=Gamelan dan Renang, Selasa=Sepak Bola, Rabu=Pencak Silat, Kamis=Tari Tradisional dan Tahsin Quran, dan Jumat=Pramuka Pukul 14.00-16.00 dan Badminton.
  • Kegiatan Ekstrakurikuler untuk SMP dilaksanakan setiap hari Senin=Gamelan, Selasa=Pencak Silat, Rabu=Sepak Bola dan Batik, Kamis=Tari Tradisional dan Tahsin Quran, dan Jumat Latihan Pramuka Pukul 14.30-16.00 dan Badminton.
  • Kegiatan Ekstrakurikuler untuk SMA dilaksanakan setiap hari Senin=Gamelan dan Tahsin Quran, Selasa=Pencak Silat, Rabu=Sepak Bola dan Batik, Kamis=Tari Tradisional, dan Jumat Latihan Pramuka Pukul 14.30-16.00 dan Badminton.
 
Peringati Hardiknas, SIB Gandeng SILN pada Webinar Kurikulum Merdeka
Wednesday, 11 May 2022

 Bangkok, 11 Mei 2022 – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2022, Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) mengadakan webinar tentang kurikulum merdeka dan implemetasinya tanggal 11 Mei 2022. Webinar diselenggarakan secara hibrid dengan menghadirkan nara sumber, Anindito Aditomo, S.Psi., M.Phil.,M.Pd., Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek Republik Indonesia.

Kegiatan ini diikuti hampir 300 peserta yang bergabung lewat zoom, youtube live, maupun luring. Hadir pada acara tersebut Plt. Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan masyarakat(BKHM) Kemdikbudristek, Anang Ristanto, M.E, M.A., Atase Pendidikan dan Kebudayaan dari beberapa negara, kepala sekolah, guru, dan tenaga pendidikan dari tiga belas Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), dan CLC Sabah dan Serawak.

“Webinar ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2022 dan mempersiapkan Kurikulum Merdeka pada masing-masing satuan pendidikan di Sekolah Indonesia Luar Negeri”, tutur Kepala Sekolah, Susainto, S.Pd.M.Si., pada laporannya. Kepala Sekolah menyampaikan terima kasih kepada Duta Besar Rachmat Budiman dan Atdikbud KBRI Bangkok, yang telah memberikan arahan akan pelaksanaan kegiatan webinar, Plt. Kepala Biro Kerjasam dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Kemdikbudristek, dan pejabat BKHM, dan nara sumber.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok, pada sambutannya, mengatakan, “Webinar ini sangat penting bagi SILN untuk mempersiapkan penerapan kurikulum merdeka karena SILN memiliki kaakteristik yang berbeda dengan sekolah-sekolah  di Indonesa dan sangat bervariasi konndisinya. Untuk itu perlu mengetahui bagaimana melakukan dan meyikapi kebijakan kurikulum merdeka.”

Anindito pada paparannya menyampaikan latar belakang dirumuskannya Kurikuklum Merdeka, Kebijakan Merdeka Belajar, Asesmen Nasional dan Platform Merdeka Belajar. “Data literasi membaca siswa menunjukkan rendahnya kemampuan literasi, tidak meratanya kemampuan siswa, adanya kesenjangan antar daerah, dan ketertinggalan Indonesai pada kemapuan literasi dibanding negara lain,” ungkap Anindito. Lebih lanjut Anindito memyampaikan perlu adanya sekolah yang mewadahi anak-anak  berbakat tapi kemampuan akademisnya kurang, sekolah yang aman, inklusif, holistik, dan menyenangkan.

“Asesmen nasional menilai kinerja kepala sekolah dan pemerintah daerah. Jika pemerintah daerah (pemda) ingin nilainya bagus, maka pemda perlu mengidentifikasi sekolah yang paling membutuhkan bantuan, dan memberikan bantuan yang diperlukan,” papar Anindito mengenai pentingnya asesman nasional. Pada Platform Merdeka Belajar, dijelaskan juga oleh Anindito bahwa guru bisa mengajar, belajar dan berkarya.

“Implementasi Kurikulum Merdeka sifatnya sukarela, bertahap sesuai kemampuan dan kesiapan masing-masing satuan Pendidikan. Sekolah Indonesia Bangkok yang teridentifikasi di level 3 artinya teridentifikasi sebagai narasumber potensial di webinar-webinar yang mengumpulkan sekolah-sekolah lain.  Pendekatannya bukan berdasarkan format dan regulasi, tetapi berdasarkan refleksi insitu, dalam kontek nyata,” jelas Anindito.

Para peserta mengikuti kegiatan webinar dengan antusias, yang terekam pada sesi diskusi dan tanya jawab membahas sekitar kebijakan kurikulum merdeka, dan guru penggerak di Sekolah Indonesia Luar Negeri. Selain itu dibahas pula isu-isu implementasi kurikulum merdeka, seperti integritas, penguatan karakter, proyek penguatan profil pelajar Pancasila, dan bahan ajar.

 
Tasyakuran Khotmil Quran Sekolah Indonesia Bangkok
Tuesday, 26 April 2022

 Bangkok, 26 April 2022- Sekolah Indonesia Bangkok mengadakan Khataman Quran dan Iftar bersama. Acara dihadiri oleh Duta Besar, Atdikbud, Komite, Kepala Sekolah, guru, tendik, dan perwakilan OSIS SIB. Pada kegiatan ini, Sekolah Indonesia Bangkok mengundang Ustadz Dr. H. May Dedu, Lc, S.H., M.E.Sy. sebagai pembicara. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tasyakuran khataman Al Quran yang dilaksanakan oleh guru dan tenaga kependidikan SIB, Atdikbud beserta staf, dan peserta didik SIB pada Bulan Ramadhan 1443 H.

Duta Besar Rachmat Budiman, pada sambutan dan arahannya, menyampaikan bahwa Bulan Ramadhan tidak hanya berisi puasa dan shalat tarawih, tapi juga bulan turunnya Al Quran, dimana Al-Alaq diturunkan. Pada surat Al-Alaq, lanjut Dubes KBRI Bangkok, diperintahkan untuk membaca dan menulis, dan hendaknya dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Dilanjutkan dengan tausiyah dari ustadz May Dedu yang bertemakan tentang “Ada Apa dengan Berkah?” dan membahas tentang amalan-amalan yang dilaksanakan pada Bulan Ramadhan. Kegiatan ini dilanjutkan dengan buka bersama dan shalat berjamaah.

 
Kunjungan International Business Association (IBA) Batam
Tuesday, 19 April 2022

 Bangkok, 19 April 2022-Sekolah Indonesia Bangkok menerima kunjungan dari International Business Association Batam, dalam hal ini diwakili oleh Ibu Sansan. Pada kesempatan tersebut, Kepala sekolah beserta perwakilan beberapa guru didampingi oleh Kepala Kanselerai dan Atdikbud KBRI Bangkok untuk menerima tamu kunjungan di Sekolah Indonesia Bangkok. Kepala Kanselerai menyampaikan sambutan selamat datang dilanjutkan dengan paparan profil Sekolah Indonesia Bangkok oleh Kepala Sekolah. Selanjutnya, Ibu Sansan menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya untuk menjajaki kerjasama pendampingan beasiswa perguruan tinggi. Pada forum ini juga disampaikan usulan dari Sekolah Indonesia Bangkok agar dapat juga dilakukan penjajagan untuk beasiswa pertukaran pelajar antar sekolah. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari Atdikbud dan Sekolah Indonesia Bangkok kepada IBA begitu pula sebaliknya dan dilanjutkan foto bersama.

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 1 - 4 of 728