Home
darmanto.jpg
Browse this website in:
Home
Official Site
News
Links
Contact Us
News Feeds
Downloads
Admission for SD, SMP, SMA
Admission for Kindergarten
Kurikulum KTSP
Video Streaming SIB
YouTube SIB Bangkok
Daftar Buku T.P. 2019/2020
Mid Semester
Count to
March 9, 2020, 8:00 am
Time left
0 days
0 hours
0 minutes
Login Form





Lost Password?
No account yet? Register
Statistic
429,238Visitors:
70Visitors today:
86Visitors yesterday:
78.60Visitors per day: Ø
2.46Page views per visitor: Ø

Announcements

Ekstrakurikuler
  • Kegiatan Ekstrakurikuler untuk SD Kelas 1 s/d 6 dilaksanakan setiap Pukul 15.30-17.00 hari Senin=Gamelan dan Renang, Selasa=Sepak Bola, Rabu=Pencak Silat, Kamis=Tari Tradisional dan Tahsin Quran, dan Jumat=Pramuka Pukul 14.00-16.00 dan Badminton.
  • Kegiatan Ekstrakurikuler untuk SMP dilaksanakan setiap hari Senin=Gamelan, Selasa=Pencak Silat, Rabu=Sepak Bola dan Batik, Kamis=Tari Tradisional dan Tahsin Quran, dan Jumat Latihan Pramuka Pukul 14.30-16.00 dan Badminton.
  • Kegiatan Ekstrakurikuler untuk SMA dilaksanakan setiap hari Senin=Gamelan dan Tahsin Quran, Selasa=Pencak Silat, Rabu=Sepak Bola dan Batik, Kamis=Tari Tradisional, dan Jumat Latihan Pramuka Pukul 14.30-16.00 dan Badminton.
 
Kemeriahan Festival Indonesia di Chanthaburi
Tuesday, 01 December 2020

 (Bangkok, 30/11/2020) KBRI Bangkok bersama dengan Universitas Chulalongkorn dan Chanthaburi College of Dramatic Arts sukses menyelenggarakan Festival Indonesia yang bertajuk “The 4th Indonesian Performing Arts Festival: Celebrating 70th Anniversary of Thailand and Indonesia Diplomatic Relations" di Chantaburi, 30 November 2020.

“Jika Festival Indonesia sebelumnya dilaksanakan secara terpusat di Universitas Chulalongkorn, maka dalam masa pandemi saat ini kita menjemput bola dan mengadakan di kampus/sekolah-sekolah di luar kota", ungkap Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Profesor Mustari. Selain itu, ditambahkannya bahwa kegiatan Festival Indonesia tahun ini membawa nuansa berbeda karena bertepatan dengan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Thailand.

Membuka kegiatan ini, KUAI RI Bangkok, Dicky Komar menggarisbawahi di masa pandemi saat ini, kegiatan Festival Indonesia harus dilakukan secara kreatif sekaligus sebagai momentum ekstra untuk transfer nilai persahabatan lintas generasi, khususnya kepada siswa-siswi Chanthaburi College of Dramatic Arts. Sementara itu Dr. Somkiat Pumipak, Direktur Chanthaburi College Dramatic Arts menyampaikan apresiasinya kepada KBRI Bangkok yang memilih Provinsi Chanthaburi sebagai tempat untuk merayakan hubungan diplomatik kedua negara. Kegiatan ini juga sekaligus mendekatkan kembali kesamaan budaya di antara dua bangsa.

Capaian prestasi dari kerjasama bilateral disampaikan secara menarik oleh Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Bangkok, Nur Rokhmah Hidayah. Dalam paparannya digarisbawahi kemajuan luar biasa kerja sama pendidikan dan kebudayaan untuk meningkatkan people-to-people contact dan juga memajukan pemahaman bersama yang lebih baik. Kerjasama yang baik dan berkelanjutan antara KBRI dan pemangku utama di Thailand diyakini akan lebih mampu memberikan manfaat bagi generasi muda dalam membina hubungan dan persahabatan yang lebih erat.

Festival Indonesia kali ini berhasil menarik perhatian lebih dari 120 peserta yang hadir dan berpartisipasi. Rangkaian festival dibuka dengan pertunjukan tari Topeng Kelana, tari Bali dan tari kreasi Thailand serta talkshow mengenai hubungan bilateral Indonesia dan Thailand. Selanjutnya peserta mengikuti workshop angklung, tari Bali, dan tari Jawa. Selain itu, KBRI Bangkok juga menampilkan Indonesian booth yang mempromosikan produk makanan Indonesia dan karya seni budaya serta pakaian tradisional. Peserta yang hadir menunjukkan antusiasme yang sangat besar. Salah satu peserta, Kittiphat Namnin, mahasiswa tahun ke-4 jurusan Tarian Thailand menyatakan “Festival Indonesia ini adalah miniatur paket yang lengkap untuk mempelajari Indonesia. Jika selama ini di kelas kami hanya belajar dari buku dan internet, sekarang kami bisa mencoba pakaian, makanan dan belajar langsung tarian Indonesia. Saya ingin sekali mendapat beasiswa dan belajar tarian Bali seperti yang ditampilkan saat pertunjukan".  Festival Indonesia adalah bagian dari rangkaian kegiatan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Thailand yang telah dimulai sejak awal tahun ini. (KBRI Bangkok)​

Sumber: https://kemlu.go.id/bangkok/id/news/9747/kemeriahan-festival-indonesia-di-chanthaburi

 
Peringati Hari Guru Nasional, OSIS SIB Apresiasi para Guru
Wednesday, 25 November 2020

Rabu, 25 November 2020 Sekolah Indonesia Bangkok ( SIB ) telah sukses menggelar Peringatan Hari Guru Nasional ke – 75 dengan tema : “ Guruku Pahlawanku”.. Kegiatan tersebut dipusatkan di area Panggung Kreatifitas & Budaya SIB dan dihadiri oleh para tamu istimewa, di antaranya HOC KBRI Bangkok, Nur Rokhmah Hidayah, Atdikbud KBRI Bangkok Prof. Dr. Mustari, M.Pd, Ketua Komite Sekolah Indonesia Bangkok Muhammad Nur Salim Lc, M.SI, Wieke Dicky Komar selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Bangkok beserta anggota, dan perwakilan orangtua.Prof. Dr. Mustari, M.Pd selaku Atdikbud KBRI Bangkok dalam sambutannya sangat menyambut baik serta mendukung kegiatan yang luar biasa ini. Pada kesempatan tersebut disampaikan bahwa kegiatan ini bukan sekedar suatu peringatan untuk mengingat guru belaka, tetapi mengandung makna yang dalam sebagai penghargaan bagi jasa dan pengabdian para guru. Prof. Dr. Mustari, M.Pd berpesan agar peserta didik SIB selalu meneladani dan menghormati para guru, serta di satu sisi guru juga diharapkan untuk terus memberikan motivasi dan inspirasi. Dalam kegiatan yang penuh dengan suasana keakraban dan kegembiraan ini, Atdikbud juga membacakan pesan Hari Guru dari Mas Menteri Nadiem Anwar Makarim yang menyampaikan apresiasinya kepada para guru yang tetap tangguh berdedikasi serta terus berkreasi mencari solusi dalam memberikan edukasi di tengah situasi pandemi. Selain itu, Ketua Komite Sekolah serta Ketua DWP dalam kesempatan sambutannya juga sangat mengapresiasi kegiatan ini, serta akan selalu mendukung setiap kegiatan yang dapat memberikan kemajuan bagi perkembangan kemampuan siswa/siswi SIB. Kegiatan Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2020 ini bertambah istimewa karena selain mempersembahkan berbagai penampilan dari siswa/siswi SIB dari tingkat TK hingga SMA yang digagas oleh pengurus OSIS SIB, juga pun mengundang serta memberikan penghargaan kepada Bapak dan Ibu guru yang telah purna dan pernah mengajar di SIB. Susianto, S.Pd, M.Si selaku Kepala Sekolah Indonesia Bangkok dalam sambutannya menyampaikan ungkapan apresiasi yang dalam atas kehadiran para guru purna. Disampaikan juga bahwa guru adalah pelukis masa depan generasi yang akan membangun negeri. Acarapun semakin semarak dengan adanya pemilihan dan pengumuman Nominasi Guru oleh OSIS dan peserta didik SIB. Alhamdulillah seluruh rangkaian acara berlangsung dengan sukses, khidmat dan diliputi suasana haru penuh kehangatan. Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Guru secara bersama-sama dan di akhir kegiatan ditampilkan lagu persembahan oleh seluruh peserta didik bertemakan pengabdian guru. Selain itu terdapat juga persembahan penampilan dari peserta didik PAUD yang menyanyikan lagu “Guruku Tersayang” dan Tari Saman dari perwakilan peserta didik SMP dan SMA. Kegiatan diakhiri dengan pengambilan dokumentasi foto bersama.

 
Guru SIB Raih Predikat Terbaik pada Pelatihan STEM oleh SEAQiM
Saturday, 14 November 2020

Pada tanggal 9 – 14 November 2020 dua orang guru Sekolah Indonesia Bangkok, Auliyaz Ibrahim dan Ida Safitri mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh SEAMEO Regional Centre for QITEP in Mathematics (SEAQIM) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).  Keikutsertaan SIB dalam pelatihan ini tidak lepas dari dukungan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Prof. Dr. Mustari, M.Pd. Beliau berpesan agar guru yang ditugaskan mengikuti pelatihan ini tetap semangat hingga akhir kegiatan. Pelatihan moda daring yang berjudul In-Country Course On STEM For Mathematics Learning For Junior High School Mathematics Teacher ini diikuti oleh sekitar 50 orang guru yang berasal dari CLC dan SILN yang tersebar di berbagai belahan dunia. Pelatihan ini memiliki fokus utama pada penerapan STEM dalam pembelajaran matematika di sekolah. Selain itu, beberapa topik yang terkait dengan pembelajaran matematika juga dibahas, seperti Mathematical Literacy, Mathematics in Context, Computational Thinking, dan Mathematical Modeling. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 5 hari dimulai pukul 08.00 dan berakhir sore sekitar pukul 16.00 setiap harinya. Kegiatan pada hari pertama adalah pembukaan dan materi introduction to STEM. Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kuala Lumpur dan turut memberikan sambutan,  Direktur SEAQiM dan Kepala SIKK. Selanjutnya, peserta pelatihan diberikan materi introduction to STEM dengan narasumber dari SEAQiM. Di hari kedua, materi yang dibahas adalah Trends and Issues in Mathematics dan Mathematical literacy. Peserta diminta untuk mencermati soal-soal PISA dari level 1 hingga level 5. Pada hari ketiga, kegiatan pelatihan seluruhnya tentang STEM activity. Para peserta diminta untuk merancang model menara air dan Minicopter. Peserta juga dibagi beberapa kelompok untuk berdiskusi. Pada hari keempat pelatihan, peserta diminta menganalisis contoh lesson plan yang telah dibuat. Peserta juga diberikan materi mengenai tahapan dalam Mathematical Modeling untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kontekstual. Hari kelima pelatihan mengangkat topik pembahasan mengenai Computational Thinking (CT) dan Hypothetical Learning Trajectory (HLT). Pada sesi ini peserta diminta menganalisis suatu masalah dan membuat dugaan respon siswa dan bagaimana meresponnya kembali. Peserta juga dikenalkan dengan beberapa situs yang dapat mengembangkan kemampuan CT siswa yang juga sekaligus menyenangkan. Pada hari terakhir pelatihan, diumumkan tiga peserta pelatihan terbaik. Alhamdulillah, guru SIB berhasil meraih predikat terbaik pertama dalam kegiatan pelatihan ini. Semoga pelatihan ini membawa suasana belajar matematika di sekolah yang bermakna dan menyenangkan. (AI)

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 1 - 4 of 611