Home arrow News
novita.JPG
Browse this website in:
Home
Official Site
News
Links
Contact Us
News Feeds
Downloads
Admission for SD, SMP, SMA
Admission for Kindergarten
Kurikulum KTSP
Video Streaming SIB
YouTube SIB Bangkok
Daftar Buku T.P. 2019/2020
News
Kunjungan Anggota Parlemen Thailand di SIB PDF Print E-mail
Wednesday, 22 July 2020

Bangkok, 22 Juli 2020- Sekolah Indonesia Bangkok menerima kunjungan para anggota parlemen Thailand pada hari Rabu, 23 Juli 2020. Ini merupakan kunjungan pertama setelah masa normal baru. Meskipun berlangsung secara singkat, namun suasana terasa hangat dan penuh kekeluargaan. Kegiatan diawali dengan perkenalan Sekolah Indonesia Bangkok oleh KUAI KBRI Bangkok, Dicky Komar dan ucapan selamat datang oleh Prof. Dr. Mustari, M.Pd. selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok dilanjutkan dengan kegiatan berbagi informasi mengenai budaya dan kesenian daerah di Indonesia. Para tamu juga berkesempatan untuk memainkan angklung secara langsung dibawah bimbingan Thubany Amas, guru Sekolah Indonesia Bangkok. Para tamu begitu tertarik saat memainkan angklung dan dapat memainkan lagu “Can’t Help Falling in Love” dengan menggunakan angklung. Kegiatan diakhiri dengan saling bertukar cinderamata dan foto bersama.

 
Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2020/2021 PDF Print E-mail
Wednesday, 08 July 2020

Sekolah Indonesia Bangkok memulai tahun ajaran 2020/2021 pada tanggal 8 Juli 2020. Pada tahun ajaran baru tersebut, sekolah melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah. Kebijakan tersebut tentunya dengan mengikuti kebijakan dari pemerintah Thailand dan Indonesia serta dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Hal ini berdasar pada Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Nomor 01/KB/2020, Nomor 516 Tahun 2020, Nomor HK.03.01/Menkes/363/2020, dan Nomor 440-8822, tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Kebijakan Pimpinan KBRI Bangkok dan Kebijakan Pemerintah Thailand, analisa terhadap situasi keamanan oleh Tim Satgas Covid-19 SIB, serta persetujuan orang tua peserta didik

Kebijakan yang dilaksanakan untuk memulai tahun ajaran baru pada masa new normal/tatanan baru ini antara lain: 

 

1.     Peserta didik jenjang PAUD/ TK masuk sekolah berselang satu hari antara kelas A dan B dengan waktu pelajaran pukul 08.00 s.d. 10.00;

2.    Jam pelajaran pada dua pekan pertama (tanggal 8 s.d 22 Juli 2020) dimulai dari pukul 08.00 s.d. 12.25 untuk jenjang SD, SMP, dan SMA;

3.    Seluruh warga sekolah mengikuti protokol Covid-19 sebagai berikut:

-   Apabila ada gejala batuk, demam, flu, guru/tendik/peserta didik dilarang masuk sekolah dan segera periksa dokter

-   Memakai masker mulai dari rumah, selama di sekolah, hingga kembali ke tempat tinggal.

-   Melakukan jaga jarak di jalan maupun di sekolah

-   Guru piket mengecek suhu tubuh dan dan melakukan pengawasan

-   Pengukuran suhu tubuh sebelum masuk kelas

-   Memakai hand sanitizer sebelum masuk kelas dan sebelum pulang sekolah

-   Membawa makanan dari rumah dan tidak boleh berbagi makanan

-   Tidak meminjam peralatan makan/ peralatan sekolah

-   Membawa alat ibadah sendiri

Selain kebijakan tersebut, pihak sekolah juga memfasilitasi sarana dan prasarana untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di sekolah, misalnya dengan pemasangan table shield pada meja peserta didik, memberikan face shield, dan suplai vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh para guru dan peserta didik. Kegiatan belajar mengajar (KBM) berjalan secara tertib dan lancar. Setelah proses KBM, guru melaksanakan kegiatan perencanaan pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan pelayanan pendidikan lainnya. Pada pekan pertama, guru mengarahkan peserta didik untuk membuat mind map materi pelajaran dengan tujuan agar para peserta didik dapat mengetahui apa saja yang akan dipelajari dan lebih siap dalam memahami materi pelajarannya. Semoga keadaan yang baik ini menjadi lebih baik sehingga proses aktivitas Kegiatan belajar mengajar (KBM)  dapat berlangsung seperti sebelumnya.

 
Seminar Pengenalan SEAMEO Bersama Dr. Wahyudi PDF Print E-mail
Saturday, 27 June 2020

Sabtu, 27 Juli 2020, Sekolah Indonesia Bangkok menyelenggarakan seminar pengenalan SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization) dengan narasumber Dr. Wahyudi selaku Deputy Director for Programme and Development, SEAMEO Secretariat. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Indonesia Bangkok dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang berlaku.  Pada kesempatan tersebut, dijelaskan tentang SEAMEO yang merupakan organisasi regional yang menaungi bidang pendidikan, sains dan budaya. Organisasi yang beranggotakan sebelas negara di ASEAN ini memiliki beberapa cabang sesuai bidang masing-masing yang tersebar di berbagai negara. Seminar berlangsung dengan lancar dan penuh antusias oleh seluruh peserta karena narasumber tidak hanya memberi wawasan, tetapi juga memberikan motivasi untuk menumbuhkan kreativitas peserta. Selain itu, di sela-sela kegiatan juga dilakukan ice breaking dan fun game yang membuat kegiatan semakin aktif.  Semoga dengan adanya kegiatan ini, seluruh guru dan tenaga kependidikan Sekolah Indonesia Bangkok terus meningkatkan kreativitasnya.

 
Webinar "Kebun Sekolah untuk Mendukung STEM dan Membangun Karakter Peserta Didik" bersama Biotrop PDF Print E-mail
Friday, 26 June 2020

Bangkok, 26 Juni 2020-Ssekolah Indonesia Bangkok bekerjasama dengan SEAMEO Biotrop menyelenggarakan seminar daring bertajuk "Kebun Sekolah untuk Mendukung STEM dan Membangun Karakter Peserta Didik". Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh guru dan peserta didik Sekolah Indonesia Bangkok, peserta dari sekolah lain pun ikut bergabung mengikuti seminar  tersebut untuk memperkaya pengetahuan dan implementasi konsep School Garden yang diusung oleh SEAMEO Biotrop ini. Acara dibuka oleh Prof. Dr. Mustari, M.Pd, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok dan dilanjutkan dengan pengenalan umum program School Garden oleh Dr. Irdika Mansur. Kajian mendalam mengenai kebun sekolah berbasis teknik hidroponik dijabarkan oleh Riana Hartati, S.Pd. dari SEAMEO Biotrop.

 
Pengumuman Kelulusan jenjang SD SIB 2019/2020 PDF Print E-mail
Tuesday, 23 June 2020

Bangkok, 23 Juni 2020, merupakan hari yang dinanti oleh kesembilan peserta didik kelas 6 SD Sekolah Indonesia Bangkok. Pasalnya, pada hari tersebut dilaksanakan pengumuman kelulusan jenjang SD Tahun 2019/2020 secara daring. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Mustari, M.Pd selaku Plt. Kepala Sekolah Indonesia Bangkok dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok. Pada kesempatan tersebut, diumumkan bahwa sembilan peserta didik jenjang SD di Sekolah Indonesia Bangkok dinyatakan lulus dari sembilan peserta didik yang telah menyelesaikan pendidikan jenjang SD selama enam tahun dan mengikuti Ujian Sekolah yang telah dilaksanakan pada tanggal 2 s.d. 6 Maret 2020 untuk ujian sekolah praktik dan tanggal 2 s.d. 8 Juni 2020 untuk ujian sekolah tulis. Kesembilan peserta didik tersebut antara lain Alfina Afifah Kaharsyah, Alya Marsa Salsabila, Arell Ayman Thavarell Kosasih, Banyu Bening Dwiana, Farrel Faeyza Himawan, Denika Rubina Shafiyyah, Frisky Vinza Richie Satria, Revaldi Abdul Nafis Gunther dan Salbila Midam. Eka Sukmansyah dan Yussi Andini, selaku perwakilan orang tua peserta didik mengucapkan terimakasih atas bimbingan para guru di Sekolah Indonesia Bangkok. Rasa haru sedih dan Bahagia begitu terasa dalam acar tersebut. Bahagia karena telah berhasil tamat sekolah dasar dan menjalani serangkaian kegiatan pembelajaran dan ujian sekolah meski dalam kondisi  pandemic Covid-19 dan sedih yang dirasakan para peserta didik karena beberapa diantara mereka akan melanjutkan ke sekolah di Indonesia dan sekolah lain di luar Sekolah Indonesia Bangkok. Namun perjuangan tetap harus berlanjut, tetap semangat untuk menempuh pendidikan selanjutnya. Sampai jumpa pada jenjang SMP!

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 37 - 45 of 623