Home arrow News
novita.JPG
Browse this website in:
Home
Official Site
News
Links
Contact Us
News Feeds
Downloads
Admission for SD, SMP, SMA
Admission for Kindergarten
Kurikulum KTSP
Video Streaming SIB
YouTube SIB Bangkok
Daftar Buku T.P. 2019/2020
News
Pengukuhan Guru PAUD/TK SIB PDF Print E-mail
Friday, 17 April 2020
(Bangkok, 17 April 2020) Sebagai hasil tindak lanjut perekrutan Guru Pendidikan Anak Usia Dini/ Taman Kanak-Kanak Sekolah Indonesia Bangkok yang diumumkan bulan Januari lalu, pada hari ini Jumat, 17 April 2020 secara resmi Plt. Kepala Sekolah Indonesia Bangkok/ Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok mengukuhkan Guru PAUD/TK SIB yang telah lulus seleksi. Proses perekrutan telah dilaksanakan sesuai prosedur sejak Februari mulai dari seleksi administrasi hingga tes microteaching dan wawancara. Setelah persaingan ketat dari 13 pelamar, akhirnya diputuskan 1 orang guru terpilih yaitu Wina Priyanti. Sehubungan dengan keadaan penyebaran pandemi Covid-19, pengukuhan dilaksanakan secara daring yang dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Mustari, M.Pd selaku Plt. Kepala Sekolah Indonesia Bangkok/ Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok. Pada proses pengukuhan daring tersebut juga disaksikan oleh Guru PAUD/ TK SIB, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Tenaga Kependidikan. Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Mustari, M.Pd memberikan arahan agar tanda tangan kontrak yang telah dilaksanakan pada Kamis, 16 April 2020 tersebut dimaknai sebagai bagian dari tugas yang harus dilaksanakan. Diharapkan Guru dapat berkontribusi dengan baik secara tulus dan ikhlas dengan pelayanan sebaik-baiknya. Penyesuaian pembelajaran di era Covid-19, pendekatan pengajaran dan pembagian tugas mengajar agar disesuaikan dan dikoordinasikan dengan sesama Guru PAUD/ TK. Pengecekan kesehatan siswa dilakukan secara berkala, selanjutnya koordinasi dan pelaporan kepada Plt. Kepala Sekolah dilaksanakan secara berkelanjutan.
 
Rapat Koordinasi Daring SIB PDF Print E-mail
Friday, 03 April 2020

(Bangkok, 03 April 2020) Menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi Atase Pendidikan dan Kebudayaan dengan jajaran pimpinan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada Senin, 30 Maret 2020 tentang Tindak Lanjur Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 Tahun 2020 dan koordinasi pengelolaan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), Sekolah Indonesia Bangkok melaksanakan rapat koordinasi secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Rapat tersebut dilaksnakan secara daring untuk mengurangi penyebaran Covid-19 dan mengikuti arahan pimpinan KBRI Bangkok untuk bekerja dari rumah. Rapat diikuti oleh Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Indonesia Bangkok yang dipimpin oleh Prof. Mustari, M.Pd selaku Plt. Kepala Sekolah Indonesia  Bangkok sekaligus Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok. Agenda rapat tersebut membahas tentang perkembangan Covid-19 di Thailand yang berdampak dengan adanya kebijakan pemberlakuan curfew (jam malam) oleh Pemerintah Thailand dimana masyarakat dilarang untuk keluar rumah pada pukul 10 malam hingga pukul 4 pagi kecuali ada kepentingan yang mendesak. Kebijakan ini berlaku pada tanggal 3 April sampai dengan 15 April 2020. Prof. Mustari, M.Pd juga memberi arahan agar para Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Indonesia Bangkok berhati-hati dalam penggunaan anggaran sekolah pada situasi dimana kurs rupiah terhadap valuta asing sedang melemah sehingga skala prioritas harus diperhatikan.  Agenda terakhir dari rapat adalah laporan perkembangan kegiatan pembelajaran daring oleh setiap guru yang diantaranya dilakukan dengan menggunakan media zoom, googleclassroom webex, moodlecloud, quizizz, kahoot, edmodo dan beberapa aplikasi pembelajaran lainnya. Selain itu, tim satuan tugas penanggulangan Covid-19 Sekolah Indonesia juga melaporkan terkait absensi peserta didik dan para guru yang dilaksanakan secara online, berikut juga absensi terkait kegiatan keagamaan sehingga setiap kegiatan pembelajaran serta penguatan pendidikan karakter tetap terpantau. Pada akhir rapat, Plt.  Kepala Sekolah Indonesia Bangkok/ Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok memberi arahan agar para Guru dan Tenaga Kependidikan menjaga kesehatan, kebersihan diri dan lingkungan. Guru juga dihimbau agar melaksanakan pembelajaran dengan sederhana dan tidak membebani peserta didik dengan mengutamakan life skill dan penguatan pendidikan karakter . Nq

 
SIB Lawan Covid-19 dengan Pembelajaran Daring PDF Print E-mail
Tuesday, 17 March 2020
Sehubungan dengan berkembangnya kasus penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Sekolah Indonesia Bangkok memutuskan untuk memindahkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar peserta didik dari sekolah ke rumah selama 14 (empat belas) hari mulai tanggal 17 Maret 2020 sampai dengan 12 April 2020 sambil melihat perkembangan penyebaran kasus tersebut. Keputusan ini diambil dengan berbagai pertimbangan setelah para Guru dan Tenaga Kependidikan melaksanakan rapat pada tanggal 16 Maret 2020, antara lain: adanya permintaan dari orang tua peserta didik yang disampaikan melalui guru, wali kelas dan Plt. Kepala Sekolah/ Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, adanya alternatif sistem pembelajaran daring dan kesanggupan para guru untuk melaksanakan sistem tersebut, dan situasi terkini di Thailand yang mana pada saat ini seluruh lembaga pendidikan diliburkan mengingat semakin meningkatnya jumlah kasus Covid-19. Selain itu, kebijakan ini juga merujuk pada pernyataan Presiden RI untuk membuat kebijakan tentang proses belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa dan Siaran Pers Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tentang solusi belajar daring demi keamanan dan keselamatan semua warga sekolah. Keputusan ini tentunya juga tidak lepas dari hasil koordinasi dengan KBRI Bangkok dan arahan Kepala Perwakilan RI untuk Kerajaan Thailand. Dengan pelaksanaan pembelajaran secara daring ini diharapkan dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 dan para peserta didik tetap mendapatkan pelayanan pendidikan.
 
Ujian Sekolah SMA Tahun Ajaran 2019/2020 PDF Print E-mail
Monday, 16 March 2020

Sekolah Indonesia Bangkok melaksanakan kegiatan Ujian Sekolah jenjang SMA mulai tanggal 16 Mare 2020 sampai dengan 23 Maret 2020. Ujian Sekolah ini tetap dilaksanakan di tengah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) karena adanya permintaan khusus orang tua para peserta didik kelas XII SMA dengan beberapa alasan antara lainkarena beberapa peserta didik akan habis masa izin tinggalnya di Thailand, beberapa orang tua peserta didika akan kembali bertugas ke tanah air, dan karena para peserta didik telah memiliki rencana untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu mengikuti seleksi ke Perguruan Tinggi. Selain itu secara psikis para peserta didik juga telah siap untuk menghadapi Ujian Sekolah. Menanggapi hal tersebut, Ssekolah Indonesia Bangkok tetap memberikan pelayanan dengan pelaksanaan Ujian sesuai protokol penanganan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)


 
Ujian Praktik SD, SMP, dan SMA PDF Print E-mail
Saturday, 07 March 2020
 Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah menyebutkan bahwa kelulusan peserta didik ditentukan oleh satuan pendidikan masing-masing. Juga telah ditetapkan bahwa penilaian mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Penilaian kognitif dilaksanakan melalui tes tertulis, sedangkan afektif dan psikomotor ditetapkan melalui ujian praktik. Sekolah Indonesia Bangkok telah menyelenggarakan ujian praktik untuk SD, SMP, dan SMA sejak tanggal 2 sampai dengan 6 Maret 2020. Ujian praktik SD terdiri dari mata pelajaran agama dan budi pekerti, Bahasa Indonesia, Bahasa Thai, Seni Budaya, Penjas, Bahasa Inggris, dan IPA; ujian praktik SMP terdiri dari  mata pelajaran agama dan budi pekerti, Bahasa Indonesia, Bahasa Thai, Seni Budaya, Penjas, Bahasa Inggris, IPA dan Prakarya; sedangkan ujian praktik SMA terdiri dari mata pelajaran agama dan budi pekerti, Bahasa Indonesia, Bahasa Thai, Seni Budaya, Penjas, Bahasa Inggris, Prakarya, Biologi, FIsika, dan Kimia. Hasil nilai ujian praktik akan menyumbang 50% dari nilai ujian sekolah. Sedangkan 50% lagi diambil dari ujian tulis berupa ranah kognitif.
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 55 - 63 of 623