Home arrow News
darmanto.jpg
Browse this website in:
Home
Official Site
News
Links
Contact Us
News Feeds
Downloads
Admission for SD, SMP, SMA
Admission for Kindergarten
Kurikulum KTSP
Video Streaming SIB
YouTube SIB Bangkok
Daftar Buku T.P. 2019/2020
News
SIBers Berhasil Meraih Medali Perunggu di Lomba International Math Challenge IX PDF Print E-mail
Saturday, 22 February 2020

Jumat, 21 Februari 2020 Sekolah Indonesia Bangkok berpartisipasi pada International Math Challenge IX yang diselenggarakan oleh Rangsit University. PPada perhelatan tersebut, dua dari tiga siswa SIB mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dan medali perunggu. Mereka adalah Ignatius Kenjiro Petrian Chandradjaja dari kelas XI dan Daffa Wiratanu Akmal dari kelas X.. Bertempat di Pan Asia International School, lomba International Math Challenge IX diikuti oleh 1346 orang peserta yang berasal dari 68 sekolah di 17 negara dan benua yang berbeda. Penyelenggaraan lomba International Math Challenge IX  bersamaan dengan kompetisi bertema robotik, International Robot Challenge III di tempat yang sama hanya berbeda waktunya. Terdapat 4 kategori yang dilombakan yakni kategori 1 untuk siswa kelas 4-5 SD atau yang setara, kategori 2 untuk siswa kelas 6-7 atau yang setara, kategori 3 untuk siswa kelas 8-9 atau yang setara, dan kategori 4 untuk kelas 10-11 atau yang setara. Kategori yang dipilih tim SIB untuk mengikuti lomba ini adalah kategori 4. Materi lomba ini diambil dari pelajaran matematika di sekolah dan ada pula materi yang diambil dari materi tingkat awal di universitas. Untuk persiapan, pembinaan dilakukan selama dua hari full, yakni satu hari sebelum online exam dan satu hari sebelum International First Round. Untuk menjadi juara dalam lomba International Math Challenge IX  ini, tim SIB harus melalui 3 tahap, yaitu Thailand Round (Online Exam), International First Round (Paper Based Test), dan terakhir adalah International Final Round (Stage Competition). Tahap online exam dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2020, siswa SIB berhasil lolos dan mendapatkan 1 predikat silver dan 2 predikat bronze. Selanjutnya adalah tahap paper based test yang dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2020, siswa SIB berhasil mendapatkan dua medali perunggu, tetapi sayangnya tim SIB tidak dapat melanjutkan ke tahap final round karena rata-rata skor yang lebih rendah dari tim lainnya. Hanya 4 tim yang terbaik dari masing-masing kategori yang berhak berlaga di final round yang berlangsung sehari setelahnya dan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dan hadiah.   Tim SIB bersyukur dengan perolehan yang membanggakan ini. Ucapan dan rasa terima kasih yang sebesarnya kepada komite sekolah yang telah memberikan dukungan baik materiil maupun non-materiil, juga kepada Bapak Prof. Dr. Mustari, M.Pd. selaku atase pendidikan dan kebudayaan KBRI Bangkok yang telah memberikan apresiasi dan dukungan kepada tim SIB. Semoga keberhasilan kali ini dapat memberikan manfaat bagi para siswa dan juga memotivasi siswa yang lainnya untuk senantiasa berprestasi melalui kompetisi yang sehat dan bersih. (AI)

 
Promosi Pariwisata Indonesia oleh Jajaka Kabupaten Bandung 2019 PDF Print E-mail
Friday, 21 February 2020

Jumat, 21 Februari 2020, Kang Camar Haenda, Jajaka Pinilih Kabupaten Bandung 2019 berkunjung ke Sekolah Indonesia Bangkok di Thailand untuk mempromosikan Pariwisata yang ada di Kabupaten Bandung. Sekolah Indonesia Bangkok merupakan sekolah dengan kurikulum pendidikan Indonesia yang terdiri dari SD,SMP, dan SMA yang berada di Kota Bangkok. Murid-murid dari sekolah ini berasal dari kedua orang tua yang menetap di Bangkok karena pekerjaan dan berbagai urusan lainnya, maupun anak-anak yang berasal dari salahsatu orang tuanya berbeda kewarganegaraan selain Indonesia. Terdapat beberapa anak yang biasanya pulang ke Indonesia apabila libur lebaran maupun libur sekolah. Melihat fakta tersebut, maka selaras dengan fokus Mojang Jajaka Kabupaten Bandung untuk mempromosikan dan memperkenalkan budaya dan pariwisata Indonesia, maka kunjungan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan sekaligus memberikan referensi destinasi pariwisata apabila mereka hendak pulang kampung ke Indonesia. Kunjungan ini dilaksanakan di depan pelataran SIB dan diikuti oleh puluhan siswa-siswi Sekolah Indonesia Bangkok baik dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Kang Camar menjelaskan mengenai Kabupaten Bandung dan beberapa destinasi Pariwisata yang paling populer. Destinasi tersebut diantaranya adalah Kawah Putih, Ranca Upas, Situ Patenggang, dan Kampung Seni Jelekong. Destinasi yang pertama adalah Kawah Putih, yaitu danau vulkanik hasil letusan dari gunung patuha yang sangat indah dan mekakjubkan. Kemudian Situ Patenggang berupa danau yang dikelilingan pepohonan rimbun dan juga terdapat pulau asmara ditengahnya. Lalu ada Ranca Upas, dimana pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan rusa jinak dipenangkaran rusa. Dan tentunya destinasi terakhir adalah Kampung Seni Jelekng untuk membeli oleh-oleh wayang dan lukisan khas Kabupaten Bandung. Destinasi-destinasi tersebut dijelaskan mulai dari keunikan, mitos-mitos daerah tersebut, harga, kemudian akses untuk datang kesana. Siswa dan siswi terlihat antusias dalam memperhatikan destinasi Pariwisata tersebut. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan siswa-siswi SIB bahwa Indonesia memiliki destinasi pariwisata yang tidak kalah Indah. Sehingga dapat mereka jadikan referensi untuk berlibur di Indonesia.


 

 
Kunjungan SMAN 1 Kebomas Gresik PDF Print E-mail
Wednesday, 12 February 2020
Rabu, 12 Februari 2020 Sekolah Iindonesia Bangkok menerima kunjungan dari SMA Negeri 1 Kebomas, Gresik. Kunjungan tersebut disambut oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Inrayati Atjo yang mewakili Plt. Kepala Sekolah Prof. Dr. Mustari yang sedang melaksanakan kegiatan di Colombo, Srilanka. Selain itu, peserta kunjungan yang berjumalh 24 peserta didik kelas X (sepuluh) SMA dan 7  guru tersebut juga disambut penampilan kesenian oleh para peserta didik Sekolah Indonesia Bangkok, diantaranya penampilan kulintang dan tari Yapong. Acara selanjutnya, yang merupakan inti dari kegiatan kunjungan ini adalah praktikum fisika oleh para peserta didik SMA jurusan IPA Sekolah Indonesia Bangkok. Para peserta didik SMA Negeri 1 Kebomas Gresik terlihat sangat antusias untuk mempelajari bagaimana mempraktikkan difraksi atau penyebaran gelombang ketika melewati celah sempit. Mereka juga berkesempatan untuk mempraktikkan dengan bantuan para peserta didik Sekolah Indonesia Bangkok di bawah bimbingan guru mata pelajaran Fisika, Ida Safitri. Acara terkahir dilanjutkan dengan saling tanya jawab antar peserta didik dan kemudian ditutup dengan pemberian cinderamata dan foto bersama.
 
Jumat Sehat Terpadu dalam Konsep Literasi Budaya PDF Print E-mail
Friday, 07 February 2020
 Ssalah satu program kegiatan Sekolah Indonesia Bangkok adalah kegiatan Jumat Sehat. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Jumat yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan literasi. Kegiatan Jumat diisi dengan kegiatan olahraga secara serentak, namun dalam materi dan kelompok kelas yang berbeda. Hal ini dimaksudkan untuk keefektifan kegiatan belajar mengajar di Sekolah Indonesia Bangkok.Setiap satu bulan sekali, hari Jumat di awal bulan, kegiatan Jumat Sehat diawali dengan senam SKJ bersama oleh semua jenjang yang kemudian dilanjutkan dengan makan makanan sehat dan merupakan makanan tradisional daerah di Indonesia. Sehingga para peserta didik dapat lebih mengenal tentang budaya Indonesia. Menu makanan sehat pada Jumat, 7 Februari 2020 ini adalah bubur manado, dimana di dalamnya mengandung karbohidrat, protein dan vitamin yang diolah dengan rasa yang nikmat. Para peserta didik terlihat tampak lahap menikmati makanan sehat bubur manado dengan alunan lagu daerah O Ina Ni Keke, Si Patokaan dan Esa Mokan yang merupakan lagu daerah Sulawesi Utara.
 
Grand Finalis Olimpiade Halal Dunia LPPOM MUI 2019/2020 PDF Print E-mail
Thursday, 23 January 2020
Kamis 23 Januari 2020 pukul 10.00 waktu Bangkok, Grand Finalis utusan dari SIB Indira Audreyna Mahsa kembali mengikuti seleksi pamungkas ajang bergengsi Olimpiade Halal Dunia yang diselengarakan oleh LPPOM MUI secara teleconference di Bangkok untuk menentukan urutan juara. Proses panjang yang mulai diikuti Indira sejak Oktober 2019, diawali dari babak penyisihian yang diikuti oleh 19.698 peserta siswa/siswi SMA seluruh Indonesia dan berbagai negara, kemudian terpilih ke dalam100 besar dan selanjutnya terseleksi menjadi 6 besar, Alhamdulillah telah menghantarkan Indira menjadi Grand Finalis setelah menempuh serangkaian test yang cukup melelahkan, mulai dari test online beberapa kali, pembuatan vlog kreatif, hingga presentasi yang dinilai oleh para pakar yang menjadi dewan juri. Hal yang menambah kebanggaan lainnya adalah, bahwa dari sekian banyak utusan berbagai SILN yang diundang LPPOM MUI, hanya Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) sebagai Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) satu-satunya yang masuk ke babak Grand Final dan berhak atas sederet penghargaan dan hadiah dari LPPOM MUI yang akan diserahkan di Jakarta. Kesuksesan ini tentunya tidak terlepas dari dukungan dan arahan KBRI Bangkok, Atase Pendidikan dan Kebudaayan KBRI Bangkok serta keluarga besar Sekolah Indonesia Bangkok. Prof. Dr. Mustari, M.Pd selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok yang dalam setiap kesempatan selalu menekankan akan pentingnya terus berinovasi dan memaksimalkan segenap potensi, alhamdulillah senantiasa menginspirasi siswa dan siswi SIB untuk terus berkarya dan berprestasi. Semoga prestasi ini, menjadi penyemangat bagi siswa/siswi lainnya untuk semakin berpartisipasi dalam berbagai perlombaan lainnya. Salam SIBER’S.
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 64 - 72 of 623