Home arrow News
ida.JPG
Browse this website in:
Home
Official Site
News
Links
Contact Us
News Feeds
Downloads
Admission for SD, SMP, SMA
Admission for Kindergarten
Kurikulum KTSP
Video Streaming SIB
YouTube SIB Bangkok
Daftar Buku T.P. 2019/2020
News
Mengawali semester baru dengan Mind Map PDF Print E-mail
Monday, 06 January 2020
Senin, 6 Januari 2020 merupakan hari pertama para peserta didik Sekolah Indonesia Bangkok memulai semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu peningkatan semangat dan motivasi belajar peserta didik setelah menjalani masa liburan. Pada minggu pertama memasuki semester genap, para peserta didik diarahkan untuk membuat portofolio mind map untuk seluruh mata pelajaran sebagai entry behaviour dalam pembelajaran selanjutnya. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa dalam mengikuti pembelajaran pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 sehingga para peserta didik dapat memiliki gambaran umum mengenai materi yang akan dipelajari selama satu semester kedepan. Selain itu, mind map ini juga dijadikan sebagai penilaian keterampilan para peserta didik sesuai dengan implementasi kurikulum 2013 yang menerapkan student center learning dimana proses pembelajaran berpusat pada siswa.
 
SIB Raih Medali Emas pada Lomba Brick Speed Asean Junior Robotic Competition di Thailand, 2019 PDF Print E-mail
Saturday, 21 December 2019
Bangkok, 21/12/19, "Saya yakin bisa" ungkap Vinza kelas 6 SD SIB sebelum tanda start berbunyi. Hanya butuh waktu tidak lebih dari 5 menit,  Vinza dan teman setimnya Alfina berhasil mengalahkan 16 tim dari berbagai sekolah yang turut mengikuti lomba Brick Speed. Selain mendapat emas pada kategori Brick Speed, siswa SIB juga mendapat perak pada kategori Hummanoid Mission. Pada kategori creative mission , tim SIB merangkai robot dengan nama Livethingrobot dan Destroid Boried  berhasil mendapat predikat excellent. Siswa Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) turut berpartisipasi dalam ajang kompetisi Asean Robotic yang diselenggarakan oleh Indonesia Youth Robotic Asociation (IYRA)  di Santichon Islamic Schools,  Bangkok. Pada acara pembukaan, peserta dimeriahkan oleh demonstrasi robot  dan teater robot dari sekolah Nurul Fikri Boarding School Bogor. Selain dengan tampilan Robotic tidak ketinggalan tampilan seni tari Tor-Tor dari Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) oleh Alfina kelas 6 SD yang mampu membius semua peserta untuk turut serta menari bersama. Kompetisi AJR di Bangkok 2019 merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan workshop Robotic International yang diselenggarakan di SIB pada November 2019. Terdapat 8 Sekolah yang mengikuti ajang AJR (Asean Junior Robotic) international di Bangkok, terdiri dari 4 sekolah Indonesia,  SD Sekolah Indonesia Bangkok (SIB), SMP Nurul Fikri Boarding School, SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Magelang, dan Kinder Robo, serta 4 sekolah dari Bangkok,  Santichon Islamic School , Paduhung School, Bangkokwitthaya School, dan Anwarul Islam  School. Berbagai kompetisi  dilombakan pada AJR2019 meliputi Brick speed, soccer cup,  coding mission, hummanoid mission,  dan drone mission. Para peserta sangat antusias mengikuti ajang kompetisi tersebut dan masing-masing sekolah juga berhasil menyumbangkan berbagai medali, baik emas, perak dan perunggu,  tentunya bisa membanggakan masing-masing negara dalam ajang partnership competition Robotic. Dukungan dan apresiasi dari Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok atas terselenggaranya Asean Junior Robotic Competition menjadi ajang inovasi serta partnership antar siswa. Sejalan dengan itu atdikbud KBRI Bangkok dan SIB mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh para siswa. Selamat bagi pemenang dan semua peserta yang telah mempererat dan memperkuat hubungan Indonesia-Thailand.(Rdp) 
 
Serunya Aksi Peserta Outbound SIB 2019 PDF Print E-mail
Saturday, 14 December 2019

Gelak tawa dan jerit seru dari para peserta mewarnai kegiatan Outbound SIB 2019. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2019 dan diikuti oleh 88 orang siswa dari seluruh jenjang, 19 orang guru, dan 36 orang pendamping siswa. The Pine Resort Pathumthani dipilih untuk menjadi Lokasi Outbound SIB 2019. Kegiatan ini diprakarsai dan didukung oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Komite Sekolah, dan orang tua. Dalam hal teknis acara, tim panitia didukung pula oleh Mr. Tien Panich dan tim OYES Chartchai-nya mulai dari persiapan hingga akhir acara. Kegiatan dibagi menjadi dua, yakni kegiatan Outbound dan acara pramuka. Rombongan berangkat dari SIB pukul 07.45 menggunakan tiga bus dan tiba di The Pine Resort pukul 09.00. Kegiatan diawali oleh Ice breaking dan Fun games di ruang aula. Live music yang disediakan tim OYES. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembagian kelompok outbound. Peserta diberikan scarf dengan warna yang berbeda sebagai penanda untuk masing-masing kelompok. Untuk kelas kecil (TK – 2 SD) diarahkan untuk permainan Spider web, meniup pingpong dan meniti jembatan. Sementara untuk kelas besar (3 SD – SMA) diarahkan untuk mengikuti permainan lomba memanjat tangga tali, dan menyeberang tali. Dalam kegiatan ini peserta dituntut untuk konsentrasi dan membangun kerjasama tim. Terdapat 10 permainan seru dan menantang yang dapat diikuti para peserta hingga peserta tidak merasa bosan ataupun jenuh. Pukul 12.00 peserta istirahat, makan dan shalat. Tepat satu jam setelahnya dimulai water activites baik untuk siswa kelas kecil maupun besar. Siswa kecil melakukan permainan menyeberang danau menggunakan puzzle besar dan aktivitas di kolam renang yang dangkal, sementara siswa kelas besar melakukan permainan yang lebih menantang, seperti flying fox, balap rakit, meniti tali di ketinggian, dan lain lain. Tidak hanya siswa, para pendamping juga mencoba beberapa permainan. Kegiatan terakhir yang diikuti peserta adalah kegiatan pramuka. Setiap siswa mengenakan seragam pramuka dan mempersiapkan penampilan kelompok. Kegiatan dibuka dengan penyalaan api unggun yang dilakukan oleh Bapak Prof. Mustari selaku Atdikbud KBRI Bangkok, perwakilan dari komite sekolah, kepala sekolah, dan pembina pramuka. Acara dimeriahkan oleh penampilan kelompok pramuka SIB. Ada yang bernyanyi, drama, dan menampilkan tarian. Kegiatan ditutup oleh doa yang dipanjatkan oleh Bapak Dr. Abdullah sebagai salah satu tamu undangan. Para peserta pulang membawa momen kebersamaan yang tak terlupakan. (AI)

 
Pesona Gemulai Siswa SIB pada Indonesian Day PDF Print E-mail
Wednesday, 11 December 2019
Rabu, 11 Desember 2019 para siswi Sekolah Indonesia Bangkok berkesempatan mewakili KBRI Bangkok pada kegiatan Indonesian day di Royal Rajapruek, Chiang Mai. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh KBRI Bangkok dalam rangka memperingati hubungan Bilateral antara Indonesia dengan Thailand. KBRI Bangkok selalu menyelipkan misi diplomasi pada setiap kegiatan termasuk pada kegiatan ini. Pada kesempatan tersebut, Sekolah Indonesia Bangkok diwakili oleh Aura, Aileen, Nisrina, Salsa dan Shafwa untuk menampilkan Tari Saman dan Tari Giring-giring. Mereka sangat antusias dalam dukungan misi diplomasi tersebut di tengah kesibukan mereka pada kegiatan Penilaian Akhir Semester. 
 
Tari Saman SIB membuat penonton Indofest 2019 berdecak kagum PDF Print E-mail
Monday, 18 November 2019
Senin, 18 November 2019 di sela-sela padatnya kegiatan SIB para siswa-siswi berkesempatan mewakili KBRI Bangkok dalam event Indofest 2019 yang diselenggarakan di Faculty of Fine and Applied Arts, Chulalongkorn University. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggraakan oleh KBRI Bangkok bekerjasama dengan Chulalongkorn University dan Srinakarinwirot University dalam rangka memperkenalkan kebudayaan Indonesia. Pada kesempatan tersebut, SIB diwakili oleh Salsa, Ririn, Winy, Aura, Aniq, Fatiyyah, Ara, Shafwa dan Icha menampilkan Tari Saman yang membuat para penonton berdecak kagum karena keindahan dan kekompakan gerakannya.
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 73 - 81 of 623