novita.JPG
Browse this website in:
Home
Official Site
News
Links
Contact Us
News Feeds
Downloads
Admission for SD, SMP, SMA
Admission for Kindergarten
Kurikulum KTSP
Video Streaming SIB
YouTube SIB Bangkok
Daftar Buku T.P. 2019/2020
Study Tour ke Chokchai PDF Print E-mail
Saturday, 13 January 2007

Study Tour Ke Chongchai dan
Perkebunan Pakchong 

 21 Agustus 2006, Sekolah Indonesia Bangkok mengadakan kembali study tour dengan mengunjungi peternakan sapi susu di chokchai dan perkebunan buah anggur di Pakchong Provinsi Saraburi. Kegiatan ini diikuti oleh siswa/i SIB dari kelas 5 Sekolah Dasar hingga kelas III SMA dan guru-guru beserta keluarga. Kegiatan tersebut menempuh jarak sekitar 170 KM dari kota Bangkok.
Pukul 08.00 pagi seluruh peserta telah berkumpul di komplek KBRI Bangkok 600-602 Petchburi Road Bangkok, mereka disyaratkan melaksanakan tugas belajar dari guru bidang masing-masing. Bagi siswa/i SD, SMP SIB diberikan tugas menulis perjalanan, sedangkan siswa/i SMA SIB bagi program IPA diberikan tugas Pelajaran Biologi sedangkan program IPS diberikan tugas Pelajaran Sejarah tentang menulis sejarah singkat peternakan dan perkebunan tersebut dan Pelajaran Ekonomi untuk mempelajari manajemen perusahaan.


Sesampainya di Chokchai Farm, siswa/i diarahkan untuk melihat video dokumenter tentang berdirinya peternakan Chokchai. Peternakan Chokchai diambil dari nama seorang sarjana bernama Mr. Chokchai Bulakul pada tahun1957. Setelah itu siswa diajak untuk melihat dan mempraktekkan pemerahan sapi susu. Ada beberapa siswa/i yang berani untuk memerah susu sapi yang pertama kali dialaminya. Mereka juga diajak u

Luasnya peternakan tersebut diperlukan alat transportasi untuk berkeliling mengitari peternakan tersebut. Siswa/i diajak mengelilingi peternakan dengan menggunakan traktor yang telah dimodifikasi seperti kereta. Ditengah perjalanan siswa/i SIB disugguhkan kepiawaian para COWBOY yang memainkan tali dan memacu kudanya. Disela-sela acara tersebut juga siswa dipersilahkan untuk bermain ATV (semacam sepeda motor traktor) dan istirahat di perkebunan bunga matahari dan Dragon Fruit tersebut.

Hari menjelang siang, akhirnya siswa/i SIB diajak untuk memberikan makanan untuk binatang ternak seperti kelinci, marmut, rusa dan lain-lain, disela-sela acara tersebut disuguhkan pula atraksi binatang yang telah dilatih. Beberapa saat kemudian mereka keluar dari dari peternakan dan melanjutkan perjalanan ke perkebunan anggur Pakchong.

Di perkebunan pakchong tersebut pun siswa diperbolehkan mencicipi anggur yang sudah dipetik dan makanan serta minuman yang berasal dari anggur. Mereka tidak diperbolehkan makan langsung di perkebunan karena masih mengandung insektisida yang tidak baik untuk kesehatan. Pada kesempatan itu juga siswa diberikan kesempatan untuk naik ATV, kami pun bersedih karena dua siswi yang mengendarai ATV mengalami kecelakaan, yaitu Shinta (Siswi kelas 6 SD) dan Selvy (Siswi Kelas III SMP), seluruh civitas akademika SIB berdoa mudah-mudahan cepat sembuh dan bisa beraktivitas sebagaimana biasanya, Amiin.
 
< Prev   Next >