Home arrow News arrow School Activities arrow Integrated Outdoor Activities
ida.JPG
Browse this website in:
Home
Official Site
News
Links
Contact Us
News Feeds
Downloads
Admission for SD, SMP, SMA
Admission for Kindergarten
Kurikulum KTSP
Video Streaming SIB
YouTube SIB Bangkok
Daftar Buku T.P. 2019/2020
Integrated Outdoor Activities PDF Print E-mail
Thursday, 22 March 2007

 Sabtu tanggal 17 Maret 2007 pagi sekitar pukul 07.00 waktu setempat, siswa/i SIB kelas 5 SD – 3 SMA telah bergegas mempersiapkan kegiatan Integrated Outdoor Activities yang dilaksanakan tanggal 17-19 Maret 2007 meliputi kegiatan kunjungan belajar ke Thai-Danish Milk, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Kegiatan Pramuka dan Kreatifitas Seni dan Budaya. Kegiatan tersebut sangat meriah karena juga dihadiri oleh 2 orang guru baru yaitu Bapak Anwar Sadat sebagai guru Pendidikan Agama Islam dan Bapak Agus Sukino sebagai guru kesenian yang baru, disamping guru-guru yang lainnya.

 

  1. Kunjungan Belajar ke Thai-Danish Milk berdiri sejak tahun 1962 atas kerjasama kerajaan Denmark dan Thailand. Siswa diajak untuk memahami proses produksi susu yang mereka minum setiap hari. Terkadang siswa tidak memahami bagaimana proses sesuatu yang mereka makan atau temui sehari-hari. Siswa sangat senang sekali diberi kesempatan untuk mencoba sendiri memerah sapi dan memberikan minum susu kepada sapi yang lebih kecil. Siswa juga diajak untuk melihat pabrik produksi makanana dan minuman hasil dari susu sapi tersebut.
  2. Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa yang telah berlangsung sejak dua minggu sebelum kegiatan merupakan langkah awal para pengurus OSIS untuk merencanakan program kegiatan OSIS. Disamping memahami konsep leadership juga siswa diajak untuk meningkatkan nasionalisme dengan cara memaknai lagu-lagu nasional yang pada saat ini jarang sekali siswa/i yang memahami makna lagu-lagu tersebut. Kegiatan puncak LDKS tersebut adalah renungan malam sebagai ajang introspeksi diri melalui Emotional and Spiritual Quence.
  3. Kegiatan Pramuka yang dilaksanakan dengan outbond 6 halang rintang membuat anggota pramuka SIB dicoba ketangkasan, kekuatan dan kerjasama kelompok untuk  menaklukkan hal rintang tersebut. Berjalan di balok tunggal merupakan salah satu halang rintang yang menarik, anggota pramuka diharapkan memiliki ketangkasan untuk sampai ke tempat tujuan. Tidak sedikit anggota pramuka yang tidak lulus pada kesempatan pertama, sehingga harus mengulang pada kesempatan selanjutnya.
  4. Kreatifitas Seni dan Budaya pada sore hari adalah kegiatan indoor yang digelar sebagai bagian dari kegiatan Integrated Outdoor Activities. Kegiatan tersebut meliputi pagelaran seni drama berbahasa Indonesia oleh siswa/i kelas 5 SD sampai 3 SMP, seni drama berbahasa Inggris oleh siswa/i SMA dan lomba menyanyi lagu-lagu daerah.

Kegiatan Integrated Outdoor Activities hendaknya menjadi agenda utama setiap tahun, karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman siswa baik kognitif, afektif maupun psikomotor. Mudah-mudahan kegiatan tersebut bermanfaat bagi siswa/i dikemudian hari, amiin.

 
< Prev