Home arrow News arrow School Activities arrow Children's Discovery Museum
inrayati.JPG
Browse this website in:
Home
Official Site
News
Links
Contact Us
News Feeds
Downloads
Admission for SD, SMP, SMA
Admission for Kindergarten
Kurikulum KTSP
Video Streaming SIB
YouTube SIB Bangkok
Daftar Buku T.P. 2019/2020
Children's Discovery Museum PDF Print E-mail
Tuesday, 27 March 2007

 Tanggal 25 Maret 2007 SIB mengadakan kunjungan belajar ke Children Discovery Museum yang diikuti oleh siswa kelas 1-6 SD. Kami berangkat pada pukul 09.10 dengan menggunakan Bus Pariwisata. Di perjalanan siswa-siswi dihibur oleh Ibu Agustina dan boneka yang bernama Ciko. Boneka Ciko berbagi cerita tentang cita-cita, setelah itu para siswa mengemukakan cita-cita yang dimiliki oleh teman sekolahnya.

Lamanya perjalannay hanya berkisar kurang lebih 30 menit, jadi kira-kira jam 09.40 kami telah tiba di Museum tersebut. Sebelum memasuki museum para siswa berbaris denga rapih di depan museum, setelah itu kami masuk ke dalam dengan cara berjalan berurutan seperti kereta api tujuannya agar siswa SIB tidak terpisah satu sama lain.

Pada hari itu para siswa menggunakan seragam kaos yang berwarna oranye, sehingga dengan mudah akan dikenali oleh Ibu dan Bapak guru yang mengawal mereka jika mereka berada jauh dari arena tempat para siswa beraktivitas. Ketika sampai di depan gedung, para siswa langsung diperbolehkan untuk mencoba berbagai permainan yang menjadi salah satu sarana yang disediakan oleh pihak pengelola museum. Para siswa tampak antusias dan senang ketika mencoba berbagai arena permainan di sana, tentunya masih di bawah pengawasan guru-guru.

Setelah bermain di taman bermain, rombongan SIB dipersiLahkan untuk masuk ke dalam gedung. Sesampainya di dalam kami berkumpul di sebuah ruangan yang mrip sekali dengan gedung pertemuan anak-anak, kareno dekoradi yang menghias disekelilingnya penuh dengan corak yang menawan dan mencirikan khas anak-anak. Di dalam ruangan tersebut petugas memberitahukan seputar museum dan isinya serta tata tertib para pengunjung. Kami tidak diperbolehkan makan dan minum di dalam ruangan.

Setelah mendapat pengarahan kami berkeliling mengitari seluruh bagian yang ada di museum tersebut. Berbagai permainan yang ada di sana semuanya bisa dicoba untuk dimainkan atau dipraktikkan. Dari permainan sederhana seperti menyusun balok-balok kecil sampai dengan permainan modern yang membutuhkan kecanggihan teknologi mesin ada di sana. Tampak para siswa sangat menikmati permainan yang ada di sana.

Di sana kami diajak untuk melihat bagaimana tekhnik membuat film, lima siswa dijadikan pemeran dalam pembuatan film tersebut. Kelima anak tersebut duduk berjajar di atas kursi panjang yang telah disediakan, kemudian petugas dari museum tersebut mengatraksikan trik yang biasa dipakai oleh kameramen pada saat pengambilan gambar. Saat petugasa tersebut bergerak dan menyorot lima siswa yang ada di depan panggung, para penonton berteriak gembira karena dan kagum atas kelihaian petugas itu mengkombinasikan media elektronik yang ada di hadapannya untuk menhasilkan gambar latar belakang gambar yang sangat menakjubkan. Saat kamera ditujukan kepada penonton, terdengarlah suara riang para siswa dan tampak mereka begitu menikmati suasana pengambilan gambar saat itu.

Menjelang pukul 12.00 kami menghentikan kegiatan dan berkumpul kembali di ruangan pertama untuk istirahat dan makan siang. Sebelum kami menuju kantin untuk makan siang bbersama, kami berbaris di depan ruangan dan berjalan dengan teratur menuju ke tempat makan. Anak-anak diberikan kesempatan untuk bermain setelah mereka menyelesaikan makan siangnya. Setelah kami makan siang kami mulai lagi melanjutkan aktivitas, yaitu menyaksikan pertunjukan di depan arena robot zoo. Di sana ada pembawa acara yang menggunakan kostum merah untuk memebagi-bagikan hadiah. Setelah melihat atraksi dari pembawa acara kuis, kami kembali berkeliling gedung untuk melihat-lihat keseluruhan permainan yang belum kami lihat sebelumya.Gedung yang kedua terdiri atas tiga lantai, ketika tiba di lantai tiga para siswa sangat antusias untuk mengikuti lomba lari, karena para sisawa dapat mengetahui kecepatan lari yang sudah mereka lakukan. Hampir semua siswa yang sudah mengikuti kegiatan lari tersebut mengulanginya sampai beberapa kali. Setelah itu kami berkumpul untuk kembali ke sekolah.

 
< Prev   Next >