Home arrow News arrow School Activities arrow Saresehan Strategi Belajar Mengajar
inrayati.JPG
Browse this website in:
Home
Official Site
News
Links
Contact Us
News Feeds
Downloads
Admission for SD, SMP, SMA
Admission for Kindergarten
Kurikulum KTSP
Video Streaming SIB
YouTube SIB Bangkok
Daftar Buku T.P. 2019/2020
Saresehan Strategi Belajar Mengajar PDF Print E-mail
Saturday, 05 May 2007

 Jumat siang, 4 Mei 2007 Sekolah Indonesia Bangkok mengadakan Saresehan Strategi Belajar Mengajar. Kegiatan ini bertujuan untuk share informasi tentang bagaimana strategi belajar mengajar di kelas yang baik. Guru Sekolah Indonesia Luar Negeri khususnya SIB tidak hanya mengajar pada bidang studinya masing-masing akan tetapi lintas pelajaran bahkan lintas jenjang oleh karena itu sangat diperlukan sekali berbagi informasi tentang masalah-masalah yang dihadapi di kelas. SBM bagi mata pelajaran rumpun IPA terkadang berbeda dengan IPS, Bahasa atau ilmu umum lainnya, begitupun sebaliknya.

Kegiatan tersebut terdiri dari 3 tema besar yaitu pembahasan tentang visi dan misi SIB, KTSP dan tidak kalah pentingnya adalah pembahasan tentang penilaian guru dari sudut pandang siswa yang diambil melalui angket dengan menggunakan validitas yang dapat dipertanggungjawabkan. Penyampaian visi dan misi SIB yang disampaikan oleh Ibu Sri Wuryanti selaku kepala sekolah menjadi agenda pertama dalam saresehan ini. Penetapan visi dan misi SIB merupakan awal dari penetapan model dan pengorganisasian KTSP, dan seluruh kegiatan sekolah. Visi SIB adalah "be smart, competitive and cultured"

Penyampaian tentang kurikulum disampaikan oleh Bapak Bekti Nusantara selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Beliau menegaskan bahwa yang paling utama dalam pengorganisasian kurikulum adalah penajaman visi dan misi SIB yang tercantum dalam KTSP. Block grant mendatang hendaknya perlu penajaman kegiatan, walaupun dana block grant pendidikan belum sampai ke SIB akan tetapi kegiatan sudah berlangsung, sehingga ada kesingkronan antara visi dan misi SIB dengan program block grant pendidikan mendatang.

Penilaian guru yang sangat menegangkanpun terjadi dalam forum ini, banyak penilaian guru oleh siswa yang tidak disangka sebelumnya sehingga guru pun terperangah karena tidak percaya. 90% siswa SIB memandang guru baik, tidak jarang point yang diberikan sangat utuh atau mendapatkan point 100%. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi landasan dalam kegiatan SIB mendatang. Steke holderpun dapat memahami serta mendukung program kerja Sekolah Indonesia Bangkok menuju siswa yang be smart, competitive and cultured, amiin......

 
< Prev   Next >