Home
susianto.jpg
Browse this website in:
Home
Official Site
News
Links
Contact Us
News Feeds
Downloads
Admission for SD, SMP, SMA
Admission for Kindergarten
Kurikulum KTSP
Video Streaming SIB
YouTube SIB Bangkok
Daftar Buku T.P. 2019/2020
Mid Semester
Count to
Time left
0 days
0 hours
0 minutes
Login Form





Lost Password?
No account yet? Register
Statistic
428,590Visitors:
55Visitors today:
67Visitors yesterday:
78.60Visitors per day: Ø
2.46Page views per visitor: Ø

Announcements

Ekstrakurikuler
  • Kegiatan Ekstrakurikuler untuk SD Kelas 1 s/d 6 dilaksanakan setiap Pukul 15.30-17.00 hari Senin=Gamelan dan Renang, Selasa=Sepak Bola, Rabu=Pencak Silat, Kamis=Tari Tradisional dan Tahsin Quran, dan Jumat=Pramuka Pukul 14.00-16.00 dan Badminton.
  • Kegiatan Ekstrakurikuler untuk SMP dilaksanakan setiap hari Senin=Gamelan, Selasa=Pencak Silat, Rabu=Sepak Bola dan Batik, Kamis=Tari Tradisional dan Tahsin Quran, dan Jumat Latihan Pramuka Pukul 14.30-16.00 dan Badminton.
  • Kegiatan Ekstrakurikuler untuk SMA dilaksanakan setiap hari Senin=Gamelan dan Tahsin Quran, Selasa=Pencak Silat, Rabu=Sepak Bola dan Batik, Kamis=Tari Tradisional, dan Jumat Latihan Pramuka Pukul 14.30-16.00 dan Badminton.
 
Semarak Hari Pahlawan di Sekolah Indonesia Bangkok 2020 PDF Print E-mail
Tuesday, 10 November 2020

(Bangkok, 10 November 2020) Robek-robeklah badanmu, potong-potonglah jasadku, tetapi jiwaku yang dilindungi benteng Merah Putih akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang dihadapi. Tentara bukan merupakan suatu kalangan di luar masyarakat, bukan suatu kasta yang berdiri di atas masyarakat.” Suara menggelegar membacakan kutipan kata-kata mutiara dari Jenderal Soedirman dan dari tokoh-tokoh nasional yang dibacakan oleh beberapa siswa dengan penuh semangat dalam rangka memeriahkan hari pahlawan. 10 November menjadi peristiwa penting dan bersejarah bagi Republik Indonesia, yang juga menjadi kewajiban bagi setiap generasi untuk mengetahui  serta mendalami makna perjuangan para pahlawan. Sebagai rangka mengisi dan terus meningkatkan semangat perjuangan para generasi, Sekolah Indonesia Bangkok mengadakan berbagai acara dengan tema besar “Pahlawanku Sepanjang masa”, pada pagi hari beberapa perwakilan guru dan siswa mengikuti upacara bersama dengan pegawai KBRI Bangkok, yang dilanjutkan dengan penampilan parade pembacaan kutipan kata mutiara oleh siswa, menyayikan lagu gugur bunga yang dibacakan oleh Ailen, dan diakhiri dengan lomba cerdas cermat tentang Pahlawan. Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Prof. Dr. Mustari, M.Pd. turut hadir memberikan dukungan dan menyampaikan pesan dalam sambutannya akan pentingnya menjadi pahlawan di masa pandemi, pahlawan sesungguhnya dan pahlawan sekarang adalah yang berjuangan bersama melawan wabah dengan tetap menaati protokol kesehatan. Selain itu, selaras dengan itu sambutan Kepala Sekolah Indonesia Bangkok juga menyampaikan rasa syukur serta memotivasi siswa untuk terus mendedikasikan semua aktivitas untuk bangsa dan negara yang pada ujungnya adalah juga bisa menjadi bagian dari pahlawan itu sendiri. Kepemimpinan otentik berani menjadi dirinya sendiri. Dalam konteks keindonesiaan, pemimpin yang otentik harus mampu mengaktualisasi nilai-nilai kepahlawan bangsa yang dilandasi jiwa gotong-royong.   Gotong-royong dalam persepsi rakyat merupakan pembantingan tulang bersama, pemerasan otak dan keringat bersama, perjuangan bantu-membantu bersama. Dan harusnya keadilan sosial dan ekonomi juga harus dinikmati bersama, bukan dinikmati oleh sekelompok golongan. Napak tilas dialektika perjuangan para pahlawan bangsa, sangat kentara kepemimpinan otentik pada diri mereka sangat dipengaruhi oleh faktor pendidikan. Tokoh pergerakan nasional pra-kemerdekaan seperti dokter Soetomo hingga Bung Hatta mengalami kematangan jiwa kepemimpinan mereka setelah menempuh pendidikan di luar negeri. Dengan adanya kegiatan dan peringatan yang berkaitan dengan kepahlawanan, akan memberikan dampak positif dan semangat bagi setiap siswa utamanya karena berada di luar negeri untuk menjadi pahlawan, bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat bahkan dunia. Maka penting bagi setiap generasi untuk bisa turut ambil bagian menjadi pahlawan-pahlawan sekarang dan yang akan datang. (Rdp)

 
< Prev   Next >