Home arrow News arrow School Activities arrow KEGIATAN PENERIMAAN PESERTA PPLSP DALAM JARINGAN DI SEKOLAH INDONESIA BANGKOK
darmanto.jpg
Browse this website in:
Home
Official Site
News
Links
Contact Us
News Feeds
Downloads
Admission for SD, SMP, SMA
Admission for Kindergarten
Kurikulum KTSP
Video Streaming SIB
YouTube SIB Bangkok
Daftar Buku T.P. 2019/2020
KEGIATAN PENERIMAAN PESERTA PPLSP DALAM JARINGAN DI SEKOLAH INDONESIA BANGKOK PDF Print E-mail
Thursday, 18 February 2021

 Hubungan kerjasama yang baik antara Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) telah sukses menghasilkan beberapa program. Satu diantaranya adalah Program Pengenalan Lapangan Satuan Pendidikan (PPLSP) yang dilaksanakan pada bulan Februari hingga pertengahan Mei 2021. Kegiatan Penerimaan Peserta PPLSP yang dilaksanakan pada Kamis, 18 Februari 2021 menandai dimulainya program PPLSP di SIB, yang diikuti sebanyak 8 orang mahasiswa UPI Bandung dan 2 orang mahasiswa UPI Kampus Cibiru. Dilaksanakan secara daring, kegiatan ini turut dihadiri oleh Plt. Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Wakil Rektor UPI, Ketua Program Studi PGPAUD UPI Kampus Cibiru beserta dosen UPI dan guru SIB.

Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala Sekolah Indonesia Bangkok, Susianto, M.SI., yang mengingatkan para mahasiswa mengenai fungsi dan tugas seorang pendidik. Pendidik tidak hanya harus tangguh di segala kondisi, tetapi juga harus senantiasa menjadi pribadi pembelajar, karena ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang sehingga para siswa belajar untuk mampu menghadapi tantangan yang ada di masa depan.

Seiring dengan harapan ini, perwakilan UPI, Prof. Dr. Didi Sukyadi, M.A. dan Dr. Leli Halimah, M.Pd dalam kata pengantarnya berharap agar para peserta PPLSP senantiasa dibimbing oleh guru pamong yang ada di SIB dan para dosen pembimbing. Kesempatan ini semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendapat banyak pengalaman yang tidak ada di ruang-ruang kelas kampus. Perwakilan UPI turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Atdikbud KBRI Bangkok dan SIB yang telah menerima para peserta dan membimbing selama pelaksanaan PPLSP di SIB.

Berkembangnya tren dan situasi saat ini juga disorot oleh Plt. Atdikbud KBRI Bangkok, Dicky Komar. Dalam arahannya, Plt. Atdikbud menekankan agar para calon pendidik siap beradaptasi dengan berbagai macam perubahan. Situasi saat ini hendaknya dipandang sebagai momen kontemplasi untuk menyiapkan strategi menghadapi tantangan ke depan. Plt. Atdikbud juga berharap agar program ini bermanfaat bagi para peserta agar selalu kreatif dan inovatif dalam menyiapkan generasi penerus bangsa di masa yang akan datang. Kegiatan lalu dibuka secara resmi oleh  Plt. Atdikbud kemudian dilanjutkan dengan paparan program PPLSP dan diskusi serta tanya jawab. Dalam forum tanya jawab, para dosen dan guru pembimbing saling berbagi mengenai berbagai peningkatan kualitas pembelajaran dan implikasinya dalam bentuk penguatan karakter pada setiap mapel. Acara ditutup menjelang pukul 18.00 dan diakhiri dengan sesi foto bersama dan doa. (AI)

 
< Prev   Next >