Home
dididjd.JPG
Browse this website in:
Home
Official Site
News
Links
Contact Us
News Feeds
Downloads
Admission for SD, SMP, SMA
Admission for Kindergarten
Kurikulum KTSP
Video Streaming SIB
YouTube SIB Bangkok
Daftar Buku T.P. 2019/2020
Mid Semester
Count to
March 9, 2020, 8:00 am
Time left
0 days
0 hours
0 minutes
Login Form





Lost Password?
No account yet? Register
Statistic
436,921Visitors:
44Visitors today:
55Visitors yesterday:
78.06Visitors per day: Ø
2.46Page views per visitor: Ø

Announcements

Ekstrakurikuler
  • Kegiatan Ekstrakurikuler untuk SD Kelas 1 s/d 6 dilaksanakan setiap Pukul 15.30-17.00 hari Senin=Gamelan dan Renang, Selasa=Sepak Bola, Rabu=Pencak Silat, Kamis=Tari Tradisional dan Tahsin Quran, dan Jumat=Pramuka Pukul 14.00-16.00 dan Badminton.
  • Kegiatan Ekstrakurikuler untuk SMP dilaksanakan setiap hari Senin=Gamelan, Selasa=Pencak Silat, Rabu=Sepak Bola dan Batik, Kamis=Tari Tradisional dan Tahsin Quran, dan Jumat Latihan Pramuka Pukul 14.30-16.00 dan Badminton.
  • Kegiatan Ekstrakurikuler untuk SMA dilaksanakan setiap hari Senin=Gamelan dan Tahsin Quran, Selasa=Pencak Silat, Rabu=Sepak Bola dan Batik, Kamis=Tari Tradisional, dan Jumat Latihan Pramuka Pukul 14.30-16.00 dan Badminton.
 
Berliterasi Sejarah dan Budaya, Siswa SIB Virtual Tour ke Museum Sejarah Jakarta PDF Print E-mail
Monday, 15 March 2021

 Senin, 15 Maret 2021. Museum di hatiku!” Motto yang diucapkan seluruh peserta dengan penuh semangat pada pembukaan mengawali kegiatan Virtual Tour ke Museum Sejarah Jakarta. Kegiatan Virtual Tour Museum yang diselenggarakan Unit Pengelola Kesejarahan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Fungsi Pensosbud KBRI Bangkok, secara hybrid (semi daring dan luring) berjalan lancar dan sukses.

Siswa Sekolah Indonesia Bangkok mendapat kesempatan untuk turut serta meramaikan dan mengikuti acara tersebut. Di masa pandemi, Virtual Tour menjadi alternatif untuk  bisa tetap mengujungi tempat-tempat yang memiliki nilai edukasi. Bertempat di Rumah Promosi Budaya KBRI Bangkok, sejak pukul 13.00 siswa dari jenjang SD, SMP dan SMA Sekolah Indonesia Bangkok mengikuti rangkaian kegiatan dari awal sampai dengan selesai.

Acara diawali dengan sambutan oleh Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata ,Dr. H. Dadang Solihin, S.E., M.A. yang pada kesempatan tersebut memberi ucapan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada KBRI Bangkok karena telah memfasilitasi dengan baik program Virtual Tour Museum Sejarah Jakarta sehingga berjalan dengan baik terutama di masa pandemi acara virtual ini menjadi inovasi baru untuk tetap mengenalkan museum kepada masyarakat umum khususnya di Bangkok.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Rachmat Budiman, bersama dengan Bapak DCM/PLT Atdikbud, Dicky Komar; dan Pensosbud, Nur Rohmah. Dalam sambutannya, Bapak Dubes mengapresiasi upaya Dinas kebudayaan DKI Jakarta serta memberikan dukungan agar kerjasama yang telah berlangsung antara Unit Pengelola Museum Kesejarahan Jakarta dengan KBRI Bangkok dapat terus dikembangkan. Sehingga para peserta didik dan masyarakat Indonesia di Thailand dapat mengetahui catatan sejarah bangsanya, dan dapat mengambil pelajaran untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan memiliki karakter tersendiri.

Para siswa sangat antusias mengikuti penjelasan pemandu yang mengajak peserta untuk berkeliling museum. Dimulai dari ruang depan, ruang pengadilan, ruang bawah tanah dan berbagai benda yang terdapat di dalam museum, baik berupa patung, lukisan atau gambar. Kegiatan tour dibagi menjadi dua sesi, yang diselingi trivia questions pada setiap sesi. Antusiasme para peserta terlihat saat menjawab pertanyaan dari panitia. Peserta yang berhasil menjawab pertanyaan adalah Azzahra Nasution, Zahra Khalisha, Ikhsan, Alif, Hasbi, Bening, Collin, Alifia, Revito yang kemudian mendapatkan soufenir pada akhir acara.  

Setelah acara berkeliling selesai, acara Sharing session dari siswa SMA kelas XI Zakiyah Salsabila, menyampaikan pengalamannya selama mengunjungi museum yang ada di Thailand, diantaranya Museum Siriraj, Museum Suan Pakkad, Bangkok National Museum, National Science Museum, dll. Sebelum kegiatan berakhir, para peserta juga disuguhi dengan penampilan puppet show yang menceritakan tentang sejarah Jakarta.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para peserta didik selaku generasi penerus bangsa dapat mengambil pelajaran sejarah di masa lalu untuk mengambil langkah di masa depan Indonesia yang lebih baik

 
< Prev   Next >