Home arrow News arrow School Activities arrow Syukuran HUT RI di Bangkok
dididjd.JPG
Browse this website in:
Home
Official Site
News
Links
Contact Us
News Feeds
Downloads
Admission for SD, SMP, SMA
Admission for Kindergarten
Kurikulum KTSP
Video Streaming SIB
YouTube SIB Bangkok
Daftar Buku T.P. 2019/2020
Syukuran HUT RI di Bangkok PDF Print E-mail
Sunday, 19 August 2007

 Syukuran HUT RI Ke-62 di KBRI Bangkok kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, dengan adanya ilustrasi kemerdekaan RI oleh siswa/i Sekolah Indonesia Bangkok dibantu oleh para guru SIB sebagai pengisi suara menjadi kolaborasi yang cukup apik.

Bertahun-tahun terjadi kedamaian di bumi nusantara Indonesia dirusak oleh kehadiran penjajah yang diilustrasikan sebagai raksasa. Akhirnya raksasa tersebut dapat dikalahkan oleh persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia. Ilustrasi tersebut juga dapat diartikan setelah kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 datanglah raksasa sebagai pihak yang mengagungkan korupsi, kolusi, nepotisme dan feodalisme seperti yang tertulis pada tubuh raksasa tersebut. Tetapi raksasa tersebut juga dapat dikalahkan oleh persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia sebagai people power.

Pada kesempatan lain juga, ada penampilan baru dari siswa/i TK SIB yang baru bulan Juli 2007 diresmikan pembukaan kembali TK dapat mengundang senyum para hadirin. Ada yang menari dengan semangatnya sejak awal dengan tariannya Badindin, ada yang mogok tidak pernah menari bahkan ada yang sebagai pengamat tarian akhirnya menari juga pada saat terakhir dengan asyiknya.

Imigrasi KBRI Bangkok juga memberikan status kewarganegaraan Indonesia bagi para WNA yang masuk sebagai warga negara Indonesia. Mereka memutuskan untuk menjadi warga negara Indonesia. Disisi lain ada yang enggan dan malu menjadi WNI tetapi banyak WNA juga yang senang dan secara sukarela untuk merubah status kewarganegaraan Indonesia menjadi WNI.

Tidak kalah menariknya penampilan karawitan dari Tim Gamelan Ayudhya Swara pimpinan Bapak Sudarmanto yang telah membawa nama Indonesia di forum Internasional baru-baru ini di International and Thai Music Concert di Chulalongkorn University. Beliau juga mengajar Grup Gamelan dari SrikanarinWirot University pimpinan Bapak Surasak, seorang warga negara Thailand yang pernah belajar di IKJ Jakarta tentang Asia Music Traditional. Anggota dari grup Gamelan ini juga adalah penerima bea siswa yang pernah belajar di institusi seni Indonesia seperti ISI Yogyakarta, ISI Surakarta dan IKJ bahkan IKIP Jakarta.

Siswa/i SIB baik tingkat SD maupun SMP pimpinan Bapak Agus Sukina yang baru beberapa bulan sebagai staf pendidik di SIB  menampilkan karawitan dan menggabungkan antara jenis musik pentatonis dan diatonis. Para siswa/i SIB tingkat SMA dengan tari Zapin dari Sumatera Barat pimpinan Ibu Ani Witjaksono dan Lagu Manuk Dadali dari Jawa Barat diiringi oleh Grup Karawitan Guru SIB juga menggugah perasaan rindu kampung halaman terutama WNI di Bangkok yang berasal dari suku Padang dan suku Sunda.

Momen Syukuran HUT RI KBRI Bangkok ini pun tidak disia-siakan oleh para mahasiswa sebagai ajang berkumpul para mahasiswa yang belajar di Thailand. Persatuan Mahasiswa Indonesia di Thailand (PERMITHA) dengan penampilan spontanitas paduan suaranya disela-sela kesibukannya belajar di berbagai universitas terkemuka di Thailand seperti Chulalongkorn University, Asia Institut Technology (AIT), Thamasat University, Kasetsat University, Mahidol University, ABAC, dll, depat mempertebal rasa nasionalisme dengan lagu-lagu perjuangan dan deklamasinya.

Masyarakat Indonesia dengan tarian OLEG dari Bali sebagai daerah tujuan utama di Indonesia menjadi promosi pariwisata bagi WNA yang hadir pada saat itu. Dharma Wanita Persatuan KBRI Bangkok ditengah kesibukannya melayani para tamu yang telah menyediakan konsumsi juga menampilkan aksinya dengan angklungnya.

Mengisi kemerdekaan bukan hanya berprestasi bagi diri sendiri akan tetapi juga tindakan yang tidak merugikan bangsa dan negara merupakan hal yang paling utama dalam mengisi kemerdekaan ini seperti tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme. Panitia HUT RI KBRI Bangkok mengucapkan selamat atas pemenang dalam berbagai pertandingan olahraga dan pemenang door prize

 
< Prev   Next >