Home arrow News arrow School Activities arrow Hari Pertama Sanlat 2007 SIB
novita.JPG
Browse this website in:
Home
Official Site
News
Links
Contact Us
News Feeds
Downloads
Admission for SD, SMP, SMA
Admission for Kindergarten
Kurikulum KTSP
Video Streaming SIB
YouTube SIB Bangkok
Daftar Buku T.P. 2019/2020
Hari Pertama Sanlat 2007 SIB PDF Print E-mail
Friday, 21 September 2007

 Oleh Agus Sukina
Sanlat 2007 Sekolah Indonesia Bangkok Sekolah Indonesia Bangkok mengadakan Pesantren Kilat (Sanlat) yang dilaksanakan pada tanggal 20-22 September 2007. Pembukaan diadakan pada hari Kamis 20 September 2007 di Masjid KBRI Bangkok pada pukul 10.15 waktu setempat. Ibu kepala Sekolah Indonesia Bangkok telah resmi membuka  acara tersebut. Setelah upacara pembukaan selesai para peserta melakukan foto bersama dengan  Ibu kepala Sekolah dan Bapak Ibu guru. 

Setelah upacara pembukaan selesai para peserta melakukan kontrak belajar yang dibimbing oleh Bapak Soleh dan Ibu Agustina selaku panitia  sie acara Sanlat. Para peserta juga membuat kesepakatan bersama agar semua kegiatan bisa berjalan  dengan lancar. Sebelum acara inti dimulai panitia sie acara melakukan dialog tentang alasan keikutsertaan para santriwan dan santriwati mengikuti kegiatan ini.  Beberapa anak mengatakan bahwa keikutsertaan mereka mengikuti kegiatan ini karena ingin menambah ikatan silaturahmi dan meningkatkan kwalitas iman. Sebagian siswa juga berharap ingin bisa lebih mandiri dalam menjalani  kehidupan sehari-hari. Saat waktu zuhur pun masuk, para peserta dan Ibu Bapak guru bersiap-siap untuk mengikuti sholat berjamaah.

Setelah Sholat berjamah salah seorang peserta bertugas menyampaikan dakwah pendek atau dikenal dengan kultum. Para peserta beserta Ibu Bapak guru menyimak dengan khidmat. Setelah kegiatan beribadah selesai, para peserta mempelajari bahasa Arab sekaligus menulis huruf Arab yang dipandu oleh guru Agama Sekolah Indonesia Bangkok yaitu Bapak Anwar. Para peserta tampak antusias dalam mempelajari kosa kata bahasa Arab dan juga dalam menulis huruf Arab. Dalam kegiatan belajar bahasa Arab tersebut para peserta telah mengantongi beberapa kosa kata bahasa Arab yang baru saja diajarkan oleh Bapak Anwar. 

Setelah mempelajari bahasa Arab peserta dikelompokkan berdasarkan jenjang pendidikan untuk melanjutkan kegiatan berikutnya yang masing-masing jenjang akan memperoleh materi yang berbeda-beda. Siswa SD kelas 3 mempelajari Surat-surat pendek beserta doa-doa. Siswa SD kelas 4-6 mempelajari  bagaimana ber-adzan yang baik, siswa SMP latihan aksara bermakna yang nantinya akan dilombakan. Siswa SMA mempelajari bagaimana berpidato atau menyampaikan kultum dengan baik. Pada acara Sanlat ini para peserta SD, SMP dan SMA bersama-sama menyaksikan film buah karya Harun Yahya yang bertemakan Tauhid , dimana tontonan video itu menampilkan fenomena tanda kiamat yang sudah mulai muncul, diantaranya cinta sesama jenis baik laki-laki sebagai perempuan ataupun yang sebaliknya, alam mulai tidak bersahabat dengan datangnya bencana yang ada dimana-mana.    

Setelah waktu sudah mulai menunjukan pukul 16. 10, maka adzan ashar mulai mengumandang, untuk toharah dan kultum waktu ini di bimbing oleh Ibu Sri Wuryanti sebagai pengisi kultum, mengungkap tentang  beberapa golongan orang yang disukai Allah pada waktu-waktu tertentu dan imam sholat ashar dipimpin oleh bp. Agus Sukina,.usai. itu untuk penyegaran jasmani dan rohani  yang dari pagi duduk di masjid seluruh siswa di bawa ke spot hall untuk mendapatkan olah seni rohani dan gerak.  Bersama bp. Agus Sukina  Sholawat badar dikumandangkan dengan membentuk konfigurasi kotak dan lingkaran.  Setelah itu tepat pukul 17 00 siswa istirahat mandi dan siap-siap untuk menjelang buka bersama. Jadwal berjalan sesuai dengan bergulirnya waktu, setelah istirahat tepat pukul 18 18 suara adzan mengumandang maka buka bersama di awali dengan minum es campur dan makan snak sebagai pelepas dahaga. Para santriwan-santriwati melakukan sholat maghrib sebelum makan nasi shoup. Dengan cara antri siswa mengambil nasi sayur sesuai porsi perut masing-masing.  A

dzan isha’ tidak terasa  telah tiba, sehingga para santri sudah harus mengikuti jamaah sholat isha’ dilanjutkan sholat tarowih. Pada kesempatan ini jadwal imam bp. Yanyan dan kultum dilaksanakan oleh bp. Azar salah satu  mahasiswa Indonesia yang aktif dalam majelis ta’lim KBRI Bangkok. Tausiah komunikatif, berisi  hubungan manusia dengan sesamanya bernuansa meriah dan hangat membuat ceramah menarik untuk diikuti. Usai  salam kultum ditutup oleh Ghalip sebagai  pembawa acara, tadarus Al-qur’an/iqra’ dimulai dengan kelompok yang sudah dibagi oleh panitia.  

Pukul 22 00 telah tiba, santriwan/wati SD menuju ke tempat tidurnya, untuk beristirahat dan SMP/SMA masih harus mengikuti  program ESQ yang diberikan oleh Ibu Sri Wuryanti di ruang Sanggar yang terletak di bawah masjid. Materi tentang pengembangan diri yang dikembangkan dengan rasa dimodifikasi antara kecerdasan intelektual, emosional,  kecerdasan spiritual dan moral, mewarnai kegiatan  belajar yang bersifat kondusif dan proaktif, hingga tidak terasa waktu istirahat tidur tiba untuk semuanya.  

 
< Prev   Next >