Home arrow News arrow School Activities arrow Hari Ketiga Sanlat 2007
dididjd.JPG
Browse this website in:
Home
Official Site
News
Links
Contact Us
News Feeds
Downloads
Admission for SD, SMP, SMA
Admission for Kindergarten
Kurikulum KTSP
Video Streaming SIB
YouTube SIB Bangkok
Daftar Buku T.P. 2019/2020
Hari Ketiga Sanlat 2007 PDF Print E-mail
Monday, 24 September 2007

 Oleh: Agus Sukina
Tepat pukul 03.00 santriwan/wati mulai bangun, berkat  kerjasama dengan bp. Didid “sahuuur, … sahuuur…,” begitu kata beliau(seorang guru agama kristen) sambil membunyikan rebana, para santri mulai bangun dan  bergegas untuk melaksanakan ibadah sholat. Walau ada sebagian santri yang susah dibangunkan namun tidak menghilangkan  jadwal yang ada sholat tahajud tetap berjalan.Dari kekuatan rasa kebersamaan  itu para santri mudah untuk makan bersama dan cuci piring sendiri-sendiri. Kemandirian mereka memang sangat diuji, sehingga tidak pernah merasa manja dalam melaksanakan semua kegiatan. 

Saatnya waktu sholat subuh, santriwan/wati mengikuti dengan ikhlas. Pada kesempatan ini imam dijadwalkan dari santriwan yang terpilih. Ahmad Ghalib Darmawel ternyata santri yang siap untuk dipilih, oleh karena pasyeh dalam lafat dan sudah tidak diragukan lagi dalam kemampuan ilmu sholat subuh berjamaah dilaksanakan dengan khusuk. Giliran bp. Agus Sukina kali ini yang bertugas sebagai pengisi kultum. Tema yang diangkat mengenai ahklakul karimah atau ahklak yang terpuji . Ahklak terpuji kepada  4 bagian diungkap, yaitu kepada Allah,  sesama manusia, sesama mahluk ciptaanNya, dan kepada dirinya sendiri.

Usai kultum para santri melanjutkan istirahat tidur. Setelah pukul 10.00 saatnya SD pendalaman materi adzan untuk santriwan, serta pendalaman saritilawah untuk santriwati , dibimbing oleh bp Bekti dan  bu Intan. Pendalaman materi kultum untuk SMP dan SMA dibimbing oleh bp. Anwar Sadat, ibu Sri Yuliyanti, bp. Soleh dan bp. Solichin.  

Selanjutnya materi tentang ahklak Al- Ihksan dibimbing oleh bp. Bekti dan bp. Anwar berakhir sampai pukul 12.15, sehingga waktu sholat Dhuhur tiba santriwan/wati bersiap-siap untuk melakukan toharoh dan mengikuti sholat berjamaah dilanjutkan dengan kultum. Pada kesempatan ini kultum disampaikan oleh santri yang terpilih yaitu Selvy. Bertema bakti kepada orang tua, putra pertama dari bp. Budi ini menyampaikan dengan penuh keyakinan dan terkonsep matang. 

Sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama hasil karya kaligrafi harus selesai maka para santri SMP dan SMA menuju ke ruang sanggar untuk meneruskannya, sementara santri SD mengikuti jadwal permainan kwartet.  Hingga adzan Ashar berkumandang semua selesai tugasnya masing-masing. Setelah sholat acara penutupan Pesantren Kilat SIB 2007 dilaksanakan dan dilanjutkan pembagian sertifikat kelulusan dengan hasil  memuaskan dan  sangat memuaskan.

 
< Prev   Next >